Siapapun, gue minta maaf.

Kali ini gue menyadari, dari sekian banyak permainan hidup, mulai dari senang, susah, rusak, bahkan sampai merasa sangat terpojokkan pun udah gue rasain semua. Apakah ini akibat dari kecerobohan gue sendiri yang terlalu ego dalam hidup atau apa gue gak tau. Saat mulai melarat, gue selalu menopang bahkan mengemis bisa dibilang, gue menuju temen. Apa rasa malu yang mulai menipis, apa urat malu udah putus, sekali lagi gue tetep gak tau.

Akhir-akhir ini gue suka depresi dan merasa terbebani oleh skripsi sialan yang buat otak kanan dan kiri gue hancurmina. Awal pemprosesan lancar-lancar aja. Eh pas di tengah jalan malah kehambat sama pembimbing yang katanya gue nyeplak tulisan tersebut. Oke gue akui, gue copas. Tapi tidak untuk semua. Gue make latar belakang itu hanya untuk lulus dulu dari seminar itu. Dan kini malah berdampak ke gue yang harus nyari kasus dalam pelanjutan skripsi ini. Semacam disambar petir di pagi hari, gue down, gue capek, ini berat dalam hidup gue. Tulisan ilmiah dari jaman purba gue gak bisa. Mungkin keminiman penguasaan atau malas membaca buku. Bisa jadi.

Selain soal skripsi, gue mulai ngerasa gak enak sama teman-teman sendiri. Setiap gue punya masalah pasti mereka jadi korban kekesalan gue. Setiap gue lagi kesel pasti minta tumbal ujung-ujungnya. Dan di sini gue mulai panik saat salah satu temen bilang "lo cuman butuh temen pas ada mau nya doang". Oke ini buat gue shock. Selama ini, tipikal hidup gue yang serba tidak serius mulai berseriuskan diri untuk menanggapi satu kalimat itu. Dalam hati gue berkata "mungkin benar apa yang kalian katakan itu". Sayup-sayup gue menyadari kalau gue udah berbuat salah. Salah sekali. Maaf.

Kalau diibaratkan, gue ini bejat banget kayaknya. Udah gak ada obat. Sakau gak jelas kalau lagi ga terkontrol emosi. Dan akhirnya gue sendiri yang harus menuai rasa bersalah ini. Pernyataan tentang butuh temen pas ada mau nya doang gue terima dengan lapang dada. Ini agar gue bisa memanage diri supaya lebih baik. Introspeksi lah.

Ya itu saja. Gue minta maaf semaaf-maaf nya. Gue emang salah. Egois. Tak beradab dalam berucap. Dan seterusnya. Gue terima dimaki di sini. Silahkan. Gue minta maaf. Sekian.